Asuransi ACA untuk Mobil Lama

Asuransi ACA untuk Mobil Lama

Kecelakaan dapat terjadi dimana saja, kapan saja dan pada siapa saja. Mau itu mobil baru atau lama semuanya memiliki kesempatan yang sama untuk mengalami kecelakaan. Oleh karena itu, alternatif asuransi mobil sebagai jaminan perlindungan untuk mobil Anda dapat menjadi pilihan. Bagi Anda yang memiliki mobil lama pun tidak perlu khawatir, layanan asuransi ACA untuk mobil lama pun tersedia.

Asuransi dari ACA memiliki cabang yang sangat luas, sehingga ia tersedia di berbagai wilayah Indonesia. Begitupula bengkel yang menjadi rekan bisnis ACA, terdapat kisaran 400 jaringan yang tersebar di berbagai kota seluruh Indonesia. Maka, tidak heran jika ACA menjadi perusahaan asuransi yang cukup dikenal di kalangan masyarakat Indonesia.

Bagi Anda yang memiliki mobil lama, baik untuk digunakan ataupun hanya menjadi koleksi Anda, usahakan untuk memberikan perlindungan terbaik pada mobil Anda melalui asuransi mobil. Namun, perlu diketahui bahwa asuransi pada mobil lama memiliki ketentuan khusus, seperti batas usia maksimum kendaraan.

Asuransi ACA sendiri menentukan batas usia maksimum 7 tahun untuk jaminan asuransi comprehensive/all risk dan 15 tahun bagi jaminan asuransi Total Loss Only (TLO) pada mobil yang ingin Anda daftarkan. Hal ini dikarenakan usia mobil menjadi acuan akan biaya pertanggungan yang harus dikeluarkan. Semakin lama usia mobil, semakin sulit juga dalam mencari suku cadang dan servisnya. Makanya jaminan all risk pada mobil lama diberi batasan usia yang lebih sedikit dibanding TLO. Proses klaim nya pun dalam all risk menjadi lebih selektif.

Alasan mobil lama lebih selektif dalam proses klaim nya adalah karena pada dasarnya mobil yang sudah berumur pastinya mengalami penurunan fungsi dan performa. Walaupun Anda sudah merawat sedemikian rupa dan rutin melakukan pengecekan, kenyataan bahwa kondisi mesin pada mobil lama sudah jauh lebih rendah dibandingkan mobil baru. Selain karena jam berkendara yang tinggi, mobil lama pun biasanya masih menggunakan mesin lama yang kalah bersaing dengan mobil zaman sekarang.

Sebelum pihak asuransi menerima mobil lama Anda untuk dipertanggungkan, Anda akan diminta untuk memberikan informasi berupa tahun pembuatan mobil lama Anda, surat-surat seperti STNK dan BPKB mobil Anda, kondisi fisik kendaraan, riwayat penggunaan mobil, jaringan bengkel resmi yang tersedia untuk mobil Anda, hingga tersedianya suku cadang pada mobil lama Anda.

Umumnya, asuransi ACA untuk mobil lawas akan lebih lama dibandingkan dengan mobil baru. Selain karena harus mempertimbangkan tersedianya suku cadang untuk proses klaim, pihak asuransi juga harus melihat harga mobil tersebut di pasaran pada saat itu. Referensi harga mobil lawas ini dapat perusahaan lihat melalui showroom ataupun iklan.

Cara mudahnya adalah dengan Anda mengisikan berbagai informasi mengenai kendaraan Anda dan keterangan lainnya pada situs layanan asuransi. Dengan begitu, Anda tidak perlu ikut menghitung biaya premi yang harus dikeluarkan karena secara otomatis, situs akan membantu mencari harga mobil Anda dan jumlah premi yang harus dibayarkan.

Maka dari itu, Anda sebaiknya bijak dalam menggunakan mobil lawas Anda walaupun sudah dalam tanggungan asuransi. Pada satu sisi Anda merasa aman karena sudah memiliki asuransi ACA untuk mobil lama, namun di sisi lain Anda perlu khawatir jika terjadi kerugian namun tidak dapat ditanggung oleh pihak asuransi karena tidak tersedianya suku cadang jenis mobil Anda.  Tetap berhati-hati saat berkendara ya.